By | April 15, 2020

Bisa memiliki rumah sendiri merupakan sebuah keinginan dan kebutuhan semua orang. Hanya saja untuk mendapatkannya tidak begitu mudah. Perlu berbagai persiapan untuk bisa bangun rumah. Salah satunya memilih jasa tukang bangunan yang akan digunakan. Berikut ini penjabaran lebih jelas tentang hal penting apa saja yang perlu disiapkan saat bangun rumah.

1.      Keamanan Tanah

Sering sekali ada masalah setelah bangunan sedang dalam proses karena tanah yang digunakan tidak aman alias ada sengketa. Maka bagian penting yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah keamanan tanah. Saat melakukan pembelian tanah pastikan ada surat sah dan surat jual beli yang ada legalitas keasliannya.

Penting untuk Anda mencari tahu secara detail perihal keamanan tanah. Setelah itu cari tahu juga lokasi sekitar tanah yang akan dibangun apakah sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya kualitas air di tanah yang akan Anda bangun.

2.      Izin Mendirikan Bangunan

Setelah tanahnya sudah aman, Anda perlu mendapatkan izin mendirikan bangunan terlebih dahulu agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Hal ini bisa diurus kepada kepala daerah setempat untuk pengurusan administrasinya. Setelah Anda memiliki surat-surat dengan lengkap barulah bisa dengan aman memulai pembangunan rumah.

3.      Alokasi Dana

Hal penting selanjutnya adalah mempersiapkan dana yang akan digunakan untuk proses pembangunan rumah. Anda tentu ingin mendapatkan rumah yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk membuat anggaran dana yang akan dialokasikan untuk proses pembangunan agar tidak mengalami kendala nantinya.

Hitung semua dana yang perlu dikeluarkan selama pembangunan rumah. Mulai dari material yang akan digunakan, biaya untuk jasa tukang bangunan, dan berbagai hal finishing rumah nantinya. Rincian dana ini sebaiknya Anda buat dengan detail dan jelas agar anggaran dana yang disediakan bisa sesuai dengan kebutuhan nantinya.

4.      Desain Rumah

Setelah tiga hal penting di atas selesai, Anda bisa langsung masuk ke desain rumah yang diinginkan. Desain ini bisa Anda cari referensinya di berbagai situs tentang desain rumah. Jika tidak mengerti dan ingin lebih praktis bisa menghubungi jasa desain rumah untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Desain rumah yang dipilih nantinya tentu perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai dengan kapasitas orang yang akan tinggal di rumah nantinya. Fokuslah lebih utama pada desain interior rumah ketimbang eksteriornya. Tujuannya tentu saja agar dana yang keluar nantinya tidak over.

5.      Kontraktor

Hal penting berikutnya agar rumah Anda bisa selesai sesuai dengan perencanaan adalah teliti dalam mencari kontraktor. Lakukan pertemuan dan tanyakan kesiapan dari pihak kontraktor untuk membuat rumah sesuai dengan desain yang diinginkan.

Tanyakan perihal dana yang dibutuhkan sesuai dengan anggaran Anda atau tidak. Kontraktor ini tentu saja sudah menyediakan tukang bangunannya sekaligus untuk membuat rumah. Jadi Anda tinggal terima bersih. Pemantauan kinerja atau proses pembangunan juga menjadi tanggung jawab dari pihak kontraktor.

Jadi penting untuk membuat sebuah kesepakatan tertulis agar lebih jelas dan detail. Pastikan Anda sudah sepakat dengan pihak kontraktor bahwa tanggung jawabnya sampai rumah selesai hingga finishing. Jadi Anda tidak repot lagi untuk mencari jasa lainnya. Cari tahu dengan detail kontraktor tersebut adalah jasa yang terpercaya dan berpengalaman atau tidak.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan dengan matang agar rumah impian bisa selesai pada waktunya. Jika Anda ingin membangun rumah tanpa menggunakan kontraktor dan siap untuk memantau sendiri bisa mencari jasa tukang bangunan. Anda bisa menemukannya di salah satu situs terpercaya yaitu sejasa.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *