By | Juli 15, 2019
 interior kendaraan beroda empat juga perlu dirawat semoga tetap higienis dan infinit Tips Merawat Interior Mobil
Selain mesin, interior kendaraan beroda empat juga perlu dirawat semoga tetap higienis dan awet. Merawat interior mobil sebetulnya tidak perlu ke bengkel, cukup diri sendiri dengan peralatan simple. Asalkan dilakukan secara teratur niscaya kendaraan beroda empat terlihat higienis dan cantik, juga tetap tampil gres meski sudah berumur.
Alat yang diharapkan untuk merawat interior kendaraan beroda empat tidak banyak, yaitu: lap kering, air hangat, cairan pembersih, kemoceng, kuas halus, sapu lembut dan vakum cleaner jika ada. Untuk pembersih dapat dibeli di toko aksesoris mobil. Pilihlah pembersih yang materi kimianya tidak keras. 
Pertama bersihkan jok kendaraan beroda empat dengan kanebo (lap kering) yang dimasukkan air hangat, kemudian peras. Berikan sedikit pembersih dan lap pada kepingan yang masih terjangkau. Untuk kepingan yang sulit dijangkau dapat menggunakan vakum cleaner. Setelah seluruh jok kendaraan beroda empat simpulan dibersihkan selanjutnya yaitu karpet mobil. Bila karpet terlihat sangat kotor sebaiknya dicuci dan disikat. Namun, jika masih terlihat higienis dapat disapu dengan sapu khusus berbulu halus dan dilap dengan kain higienis yang sudah dicelup air dan diperas.
Perawatan dasbor dimulai dari membersihkannya dengan kemoceng dari sampah berantakan dan debu. Dasbor biasanya terlihat kotor dan kusam jika sering terkena sinar matahari ketika berkendaraan atau ketika parkir di daerah panas. Setelah dashboard higienis dari sampah selanjutnya dilap dengan kanebo yang diberi cairan pembersih atau dicelup air hangat. Bersihkan dashboard perlahan satu arah. Lap yang dipakai harus benar-benar lembut alasannya yaitu permukaan berangasan dapat menciptakan dashboard terbaret. Setelah dibersihkan dengan cairan pembersih segera bilas dengan air hangat yang higienis dan dikeringkan. Membiarkan dashboar berair dalam waktu usang justru meningkatkan kotoran. Untuk kepingan rumit ibarat AC kendaraan beroda empat atau lipatan lain dibersihkan dengan kuas halus.
Bersihkan beling kendaraan beroda empat dari dalam dengan cairah pembersih beling semoga terlihat jernih. Jangan terlalu banyak memperlihatkan cairan alasannya yaitu akan menjadikan flek. Hindair membersihkan beling mobik dengan air biasa alasannya yaitu justru menciptakan beling menjadi buram.
Langit-langit kendaraan beroda empat juga perlu dibersihkan dengan lap higienis dan cairannya ibarat membrsihkan jok mobil. Setelah disikat dan dibersihkan sebaiknya segera dikeringkan dengan lap yang kering. Jangan sekali-kali menggunakan vakum cleaner untuk membersihkan plafon alasannya yaitu menimbulkan plafon terangkat dan membentuk gelembung. Kalau sudah begini berarti plafon rusak. Bila ada AC di kepingan atas sebaiknya bersihkan dengan kuas hingga ke kepingan tersempit. Kaca lampu dalam kendaraan beroda empat juga sebaiknya dibersihkan dengan lap saja. Membersihkan lampu dengan air akan menimbulkan konslet. 
Rawatlah interior kendaraan beroda empat Anda minimal dua bulan sekali. Bila sewaktu-waktu ada kotoran yang hinggap sebaiknya segera dibersihkan, contohnya ada es krim atau coklat jatuh di jok, terkena darah atau pewarna lain. Merawat interior secara terjadwal akan mempermudah perawatan selanjutnya.