By | Juli 15, 2019
 kendaraan beroda empat juga memerlukan perawatan semoga terhindar dari mogok dan kerusakan mesin Tips Merawat Aki Mobil
Layaknya manusia, kendaraan beroda empat juga memerlukan perawatan semoga terhindar dari mogok dan kerusakan mesin. Perawatan ini harusnya dilakukan secara menyeluruh mencakup mesin, aksesoris, lampu, bodi, oli, materi bakar, dan tentunya kelistrikan yang melibatkan aki mobil. Kali ini kita akan membahas mengenai tips merawat aki mobil semoga tidak merusak kelistrikan. 
Cek secara berkala
Aki kendaraan beroda empat perlu dicek secara terpola meliputi: volume air akinya. Bila sudah memperlihatkan nilai minimal segera isi hingga upper. Air aki sangat mendukung adanya relasi kelistrikan diantara kaki-kaki aki sendiri. Bila air aki kurang bisa menimbulkan kawat melengkung dan mogok, utamanya pada double starter. Saat menawarkan cairan aki harus hati-hati alasannya sifatnya panas bisa melukai diri.
Ganti dengan yang baru
Bila sudah dipakai selama empat tahun aki kendaraan beroda empat harus diganti. Ini dikarenakan aki sudah tidk sanggup lagi melaksanakan relasi kelistrikan secara baik. Bila tidak diganti kendaraan beroda empat bisa sering mogok atau terjadi konslet. Daripada terus-menerus keluar uang untuk perbaikan sebaiknya eksklusif ganti gres saja. Bila kurang dari empat tahun aki sudah sering rusak sebaiknya cek daya bulanan aki di bengkel yang terpercaya. Bila aki sudah tidak bisa lagi menghasilkan daya yang memadai sebaiknya eksklusif diganti saja.
Bersihkan
Minimal sebulan sekali aki harus dibersihkan. Mengapa? Aki yang usang dipakai akan berkerak (banyak kotoran). Cara gampang membersihkannya yaitu dengan memakai cairan baking soda. Sikat gigi aki dengan cairan baking soda tersebut hingga kerak kotoran hilang. Membersihkan aki bisa dilakukan sendiri untuk menghemat biaya.
Rangkaian kabel harus kuat
Arus listrik dari aki dihubungkan melalui kabel untuk menyalakan mesin mobil. Bila kabel penyalur kurang akrab arus listrikpun tidak sanggup maksimal. Akibatnya kendaraan beroda empat kekurangan daya. Ibarat insan kendaraan beroda empat tidak akan punya tenaga. Jadi, pasang kabel aki kuat-kuat atau ganti kabel jikalau terlihat ada yang lecet.
Hindari Overcharging
Bila Anda mendapati aki kendaraan beroda empat pribadi mati, sebaiknya segera menyetrum aki semoga mendapat pemikiran kelistrikan kembali. Tapi perlu hati-hati dalam melakukannya. Jangan ditinggal terlalu usang atau bahkan kelupaan alasannya me-ngecharge aki terlalu usang justru akan merusak komponen yang ada dalam aki tersebut. 
Letakkan dengan benar, sesudah melaksanakan pengecekan dan membersihkan aki kendaraan beroda empat kembalikan aki pada tempatnya. Letakkan aki kendaraan beroda empat pada dudukannya dengan tepat. Jangan hingga bergeser dari dudukan yang menimbulkan kerusakan pada komponen lain di sekitarnya. 
Begitulah teknik merawat aki kendaraan beroda empat Anda. Saat melaksanakan pengecekan terhadap aki pekerja dihentikan keras merokok alasannya api rokok sanggup tersulut ke aki yang menimbulkan kebakaran. Behaya bukan? Oleh alasannya itu jauhkan hal-hal yang sanggup menjadikan api ketika berinteraksi dengan aki.