By | Juli 15, 2019
Pendingin udara dalam kendaraan beroda empat berperan besar dalam menunjukkan kenyamanan bagi pengendara. Selain mengatur suhu di dalam kendaraan beroda empat biar nyaman, AC juga sanggup mengurangi tingkat kelembaban udara contohnya dikala di luar terjadi hujan deras. Dalam merawat AC, tentu perlu ada penanganan rutin untuk membersihkan komponennya yang kotor. 
Namun, selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara biar AC lebih awet. Berikut ialah tips merawat ac mobil anda:
1. Hidupkan motor dan AC kendaraan beroda empat selama beberapa menit. Lalu periksa cairan pendingin melalui beling di atas tabung. Jika terjadi gelembung-gelembung udara di dalam cairan itu berarti cairan pendingin volumenya kurang. Jika tidak terjadi gelembung-gelembung udara maka mungkin jumlah cairan pendingin sudah cukup atau kosong sama sekali. Karenanya lakukan isi ulang pada refrigerant ac kendaraan beroda empat anda.
2. Bila selama AC dihidupkan kompresor mengeluarkan suara yang keras dan tidak halus maka mungkin sekali hal itu disebabkan kompresor yang tidak bekerja dengan baik. Atau sanggup juga disebabkan lantaran otor blower AC bunyi. Karena blower kotor atau terdapat serpihan kertas, daun atau plastik yang tersangkut pada kisi-kisi blower AC yang berada pada ruang kabin mobil. Jika hal tersebut terjadi periksa tiap komponen utama ac yang menjadi sumber bunyi. Jika penyebabnya ialah blowernya, bersihkan blower dan kisi-kisi terusan ac.
3. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada potongan Condensor AC (yang bentuknya seolah-olah radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang melekat kalau dibiarkan akan mengeras sanggup menjadikan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada potongan kondensor.
4. Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, setelah mesin stabil gres hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu kalau mau matikan mesin.
5. Pengharum atau wewangian kendaraan beroda empat yang mutunya kurang manis sanggup menimbulkan baud an mengakibatkan kotoran dalam evaporator ac. Hindari pula merokok di dalam mobil. Nikotin dalam asap rokok bersifat lengket dan berlendir kalau melekat pada evaporator. 
6. Anda harus selalu menjaga tekanan di pendingin AC dengan cara minimal menjalankan AC sebulan sekali selama 10 menit. Ini mencegah selang – selang mengeras dan sil menjadi rusak. Saat ini, Anda harus mengeset AC ke posisi paling dingin, dan kecepatan fan paling kencang.
7. Keringkan evaporator setelah Anda menjalankan AC untuk waktu yang lama. Jalankan defrost selama 5 – 10 menit untuk menghilangkan kelembaban yang tersisa. Ini juga mencegah wangi yang tidak sedap di AC kendaraan beroda empat Anda.
8. Servis AC terencana setiap minimal enam bulanServis AC terencana setiap minimal enam bulan