By | Juli 15, 2019
 kendaraan beroda empat memang perlu masuk bengkel untuk dirawat secara periodic Tips Memilih Bengkel Perawatan Mobil
Bukan hanya manusia, kendaraan beroda empat memang perlu masuk bengkel untuk dirawat secara periodic. Di bengkel biasanya kendaraan beroda empat akan diperiksa apakah mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan pengendara kurang nyaman atau ada kerusakan mesin. Ada dua pilihan bengkel untuk kendaraan beroda empat Anda, yaitu bengkel resmi dan bengkel umum. Kedua bengkel ini mempunyai laba dan kerugian masing-masing. Berikut keterangannya.
Harga
Tentu harga servis di bengkel resmi lebih mahal daripada bengkel umum. Mengapa? Karena kelengkapan dan pelayananpun berbeda. Biasanya orang lebih suka memasukkan mobilnya ke bengkel umum dengan alasan harga dan dapat tawar-menawar sparepart (bekas dan bajakan) sehingga tidak perlu membayar mahal. Sebaliknya, di bengkel umum sparepart selalu orisinil dan tidak kenal kompromi; jika rusak sudah tidak mau mengganti dengan bekas atau bajakan alias sesuai prosedur. Inilah salah satu alasan mengapa bengkel resmi cenderung lebih mahal.
Kualitas SDM
Kualitas SDM di bengkel resmi tentu lebing hebat dibandingkan bengkel umu. SDM di bengkel resmi punya akta dan andal pada brand kendaraan tertentu. Sedangkan di bengkel umum mempunyai pengetahuan secara garis besar. oleh alasannya ialah itu terkadang perbaikan di bengkel umum ialah coba-coba saja. Namun, bila bengkelnya elok dan teknisinya arif dapat jadi perawatan bengkel umum punya hasil yang bagus. SDM di bengkel resmipun tidak selamanya professional. Pernah ada kejadian kendaraan beroda empat yang diservis justru menabrak avanza dan tidak mau mengganti. Kenyataan ini perlu dipertimbangkan.
Pelayanan
Dilihat dari kondisi tempatnya tentu lebih nyaman di bengkel resmi alasannya ialah ada ruangan ber-AC, daerah duduk besar, televise, wifi, minuman, dan akomodasi pendukung lain yang menciptakan Anda betah menunggu perawatan. Sedangkan bengkel umum jarang menyediakan akomodasi tersebut. Itulah salah satu alasan mengapa biaya bengkel resmi lebih mahal.
Kebanyakan bengkel resmi menyediakan pelayanan “janjian”, artinya pelanggan yang ingin memeriksakan mobilnya dapat telpon dan janjian waktu dengan pihak bengkel. Makara tidak perlu mengantri. Pelayanan menyerupai ini jarang diterapkan di bengkel umum. Kalau mau dikerjakan dulu berarti Anda harus tiba pagi-pagi. Kalau sudah antri dapat jadi menunggu di daerah yang panas, pinggir jalan, dan sebagainya yang kurang nyaman.
Biasanya bengkel resmi menunjukkan garansi bila ada kerusakan dalam periode tertentu. Ini sebagai bentuk tanggungjawab bengkel. Beberapa bengkel umum juga memberlakukan hal yang sama, namun sebagian besar tidak. Untuk itu cermati pelayanannya bila Anda menentukan bengkel umum.
Teknologi
Bengkel resmi memakai teknologi canggih dalam peralatannya sehingga memungkinkan untuk menemukan penyakit kendaraan beroda empat secara sempurna dan menunjukkan pembenahan yang benar. Alat canggih tersebut jarang dimiliki bengkel umum sehingga terkadang antar apenyakit dan obatnya kurang pas. Inilah kelemahan bengkel umum. Tapi, sekali lagi semua ini ialah pandangan secara umum, mungkin saja ada bengkel umum yang menunjukkan  pelayanan lebih baik ketimbang bengkel resmi.