By | Juli 15, 2019
 Setelah dipakai beberapa usang mesin kendaraan beroda empat akan mengalami kemunduran yang disebabkan ber Teknik Merawat Mesin Mobil
Setelah dipakai beberapa usang mesin kendaraan beroda empat akan mengalami kemunduran yang disebabkan banyak sekali factor. Untuk mengembalikan keadaan mesin ke kondisi normal diharapkan tune up yang sanggup dilakukan di bengkel atau sendiri. Tentunya bila Anda menguasai.
Tune up kendaraan beroda empat sendiri sanggup menghemat anggaran. Caranya bekerjsama tidak terlalu rumit, hanya perlu berguru sebentar saja sudah bisa. Untuk mempermudah berikut ini kami sajikan teknik tune up kendaraan beroda empat sederhana.
Pertama siapkan alat untuk tune up kendaraan beroda empat ibarat kunci pas ring, obeng min dan obeng plus, multi tester, hidro tester, timing light, fuller gauge, dan tachometer. Setelah semua alat siap sanggup dimulai dari menyelidiki pendingin untuk mengetahui apakah ada kebocoran dan tali kipas yang terputus. Untuk mengetahui adanya kebocoran sanggup dilihat dari radiator dan penutupnya. 
Setelah menyelidiki system pendingin dilanjutkan dengan menyelidiki system pelumas yang terdiri dari kualitas dan kuantitas oli. Angkat dipstick kemudian dilap dengan memakai kain. Setelah itu masukkan kembali dipstick ke daerah oli untuk mengetahui volume oli secara benar. Hal ini disebabkan dipstick yang terpasang sebelum dibersihkan tidak sanggup mengatakan angka yang akurat. Cara menyelidiki kualitas oli ialah dengan meneteskan sedikit oli ke tangan kemudian digosok dengan tangan yang lain beberapa saat. Cermati perubahan warnanya. Bila warnanya hitam pekat berarti masih bagus.
Hal lain yang harus diperiksa ketika tune up kendaraan beroda empat ialah saringan materi bakar dan saringan udara. Untuk membersihkannya harus dengan melepas baut kleman. Setelah itu ambil saringan dan bersihkan dengan kompresor untuk saringan materi bakar. Untuk saring udara proses membersihkannya dari dalam keluar kemudian ke dalam lagi. Apabila saringan kendaraan beroda empat ternyata sudah sangat kotor atau rusak sebaiknya diganti dengan yang sesuai.
Selanjutnya periksa baterai atau accu mulai dari berat jenis baterai, tutupya, tegangan baterai, kondisi terminal, kotak baterai, dan volume baterai. Pastikan semua dalam kondisi normal. Perlu juga untuk memastikan apakah busi dalam keadaan baik. Buka busi dari tempatnya, periksa apakah ada pengikisan, kemudian bersihkan busi dengan amplas. Busi yang higienis akan menciptakan kendaraan semakin nyaman.
Terakhir menyelidiki pengapian caranya dengan menyelidiki sudut pengapian dengan timing light. Pastikan sudutnya sesuai dengan mesin yang sedang di-tune up (derajatnya).  Kemudian periksalah sudut dwell dengan tacnometer. Posisikan sudutnya 520 , selisihnya dihentikan lebih dari 20. Perlu juga untuk mengetes kompresi. Apabila jarum tester mengatakan angka 12-12 BAR berarti masih bagus.
Begitulah teknik singkat tune up mobil. Bila tidak ada waktu untuk melakukannya atau dirasa rumit sanggup memasukkannya ke bengkel yang lebih praktis. Usahakan melaksanakan tune up secara terencana biar mesih selalu dalam kondisi normal.