By | Juli 15, 2019
 Bila tempat Anda rawan banjir sudah dipastikan akan repot ketika hujan datang Merawat Mobil Pasca Banjir
Bila tempat Anda rawan banjir sudah dipastikan akan repot ketika hujan tiba. Bagaimana tidak? Selain barang dan rumah terendam banjir, kendaraan beroda empat pun juga ikut kebanjiran sehingga menimbulkan imbas buruk. Tapi ada beberapa tips untuk mengurangi resiko kerusakan kendaraan beroda empat alasannya yakni tergenang air banjir.
Bila kendaraan beroda empat kesayangan Anda sudah terjebak banjir, maka segera lakukan langkah pengamanan yaitu dengan memutuskan semua sambungan. Tujuannya semoga tidak terjadi konslet ketika terendam. Konslet listrik dapat menimbulkan kerusakan parah pada mesin. Kedua, bungkus jok kendaraan beroda empat dengan plastic. Meskipun sepertinya sulit untuk menghalau air, setidaknya plastic dapat mengurangi kotoran yang menempel. 
Apabila banjir sudah lewat dan kendaraan beroda empat Anda dapat dialihkan, lakukan pengalihan dengan mendorongnya. Jangan pribadi menyalakan mesin untuk memindahkannya alasannya yakni dapat terjadi konslet fatwa listrik. Ini sangat berbahaya pada kondisi mesin. Setelah berada di tempat yang nyaman sebaiknya segera buka mesin dan lepas semua peralatan menyerupai busi, saluran angin, saringan angin, karbulator, alternator, deco, dynamo starter, v-belt,  dan semua rangkaian kabel kabel mobil. Setelah semua terlepas segera keringkan dengan kompresor atau hair dryer (pengering rambut). Ini penting alasannya yakni mesin mustahil berjalan dalam keadaan basah.
Buka tangki oli, keluarkan isinya dan bersihkan. Setelah dilanda banjir kemungkinan besar oli sudah bercampur air. Mau tidak mau Anda harus mengganti oli dengan yang baru. Selain oli, Anda juga perlu menguras tangki materi bakar yang tentu juga sudah kemasukan air. Bila masih ada sisa materi bakar keluarkan dengan selang kecil lalu ganti dengan yang gres semoga tidak merusak mesin. Bahan bakar yang tercampur air akan mengakibatkan kendaraan beroda empat mogok.
Cuci seluruh pecahan kendaraan beroda empat mulai dari luar sampai dalam. Keluarkan cover jok, karpet, dan seluruh aksesoris untuk dicuci bersih. Bila tidak dibersihkan kendaraan beroda empat akan berbau apek dan berjamur. Setelah dicuci dengan shampoo dan air, keringkan sampai benar-benar kering. Kemungkinan besar kendaraan beroda empat Anda telah tercampur lumpur sehingga sulit untuk membersihkannya. Bila tidak ada waktu dapat membawa kendaraan beroda empat ke jasa pencucian. Apabila cat kendaraan beroda empat rusak akhir korosi dan kotoran dapat melaksanakan waxing semoga penampilan kendaraan beroda empat kembali mengkilap. Tentunya Anda harus merogoh kocek lebih dalam.
Pastikan perangkat rem dalam keadaan baik dan siap digunakan. Ini sangat penting untuk menghindari rem blong. Sebaiknya perangkat rem juga dibersihkan dan dikeringkan. Meskipun sudah dibersihkan secara keseluruhan Anda tetap wajib membawanya ke bengkel untuk memastikan semua peralatan dan mesin dalam kondisi normal. 
Merawat kendaraan beroda empat yang terendam banjir memang mengeluarkan banyak biasay. Oleh alasannya yakni itu jikalau tempat Anda rawan banjir sebaiknya pindahkan kendaraan beroda empat ke tempat yang kering daripada terendam.