By | Juli 15, 2019
warna asap knalpot kendaraan beroda empat ciri kendaraan beroda empat baik atau rusak Mengenali Masalah Mobil Melalui Asap Knalpot
Untuk beberapa duduk kasus pada mobil, kita sanggup mengenalinya menurut asap yang dikeluarkan oleh knalpot mobil. Utamanya bila knalpot kendaraan beroda empat anda sudah mulai mengeluarkan asap, artinya kendaraan beroda empat anda sudah meminta untuk diberi perhatian yang lebih. Karena, biasanya asap pada knalpot merupakan sinyal bahwa mesin mulai mengalami masalah. Secara umum kita sanggup mengenali duduk kasus yang dihadapi oleh mesin kendaraan beroda empat kita menurut asapnya. Warna asap yang menjadi petunjuk tersebut biasanya ada tiga yaitu warna witam, putih dan biru. Dengan mengenalinya anda sanggup dengan gampang memperkirakan duduk kasus gotong royong yang terjadi pada mesin kendaraan beroda empat anda untuk segera anda bawakan ke bengkel langganan anda.
1. Asap putih
Asap putih, biasanya muncul alasannya yaitu rusaknya komponen mesin, khusunya pada ring seher dan ring piston. Hal ini mungkin yaitu hasil dari penumpukan kondensasi normal di dalam sistem pembuangan. Ini sanggup jadi alasannya yaitu embun atau uap air yang terperangkap di knalpot. Untuk keadaan ini, anda tidak perlu khawatir, alasannya yaitu ini masih dalam batas wajar. Namun bila asap putih tersebut justru semakin tebal, maka sanggup dipastikan bahwa cairan yang berasal dari sistem pendingin (radiator coolant) ikut terbakar bersama pasokan materi bakar didalam mesin. Hal ini sanggup menjadi duduk kasus serius ibarat kerusakan pada kepala gasket kepala, kepala silinder yang rusak, atau blok mesin retak – yang semuanya butuh perbaikan yang mahal.
2. Asap hitam
Jika asap knalpot berwarna hitam biasanya berarti mesin kendaraan beroda empat anda mengalami pembakaran materi bakar terlalu banyak. Selain itu, adapun alasan lainnya yang menjadi penyebab dari duduk kasus tersebut, ibarat tersumbatnya jalur materi bakar. Namun asap hitam yang keluar dari knalpot itu, biasanya lebih gampang untuk didiagnosa dan diperbaiki.
3. Asap biru
Asap berwarna biru merupakan tanda-tanda terbakarnya oli bersama dengan materi bakar didalam ruang bakar mesin. Apa yang terjadi yaitu bahwa valve guide seals atau ring piston mengalami aus, dan minyak bocor dimana seharusnya melumasi penggalan yang bergerak, ke ruang pembakaran di mana itu dibakar dengan bensin. Masalah ini umum terjadi pada kendaraan beroda empat yang sudah berumur dikarenakan jarak tempuh dan dipercepat oleh riwayat penggunaan yang kurang baik, ibarat terbiasa mengemudi dengan rpm tinggi sehingga komponen yang bergesekan lebih cepat aus. Biasanya untuk hal ini butuh perhatian sesegera mungkin dan biasanya cukup merogoh kocek anda, termasuk pada beberapa sparepart internal, bila kendaraan anda agak lawas dan pada kebocoran minim, sanggup lakukan perawatan dengan cara topping up pelumas secara teratur.
Namun selain dari ketiga warna asap di atas anda mungkin akan menemui knalpot anda mengeluarkan asap abu-abu. Untuk yang satu ini biasanya agak susah untuk mendiagnosa duduk kasus mesinnya secara langsung. Anda sanggup memeriksakannya pada mekanik kepercayaan anda untuk mengecek sendiri masalh mesin kendaraan beroda empat anda.