By | Juli 15, 2019
 Pada animo hujan biasanya anda akan menghadapi banyak genangan air hujan yang berada di t Kanvas Kopling Yang Lengket
Pada animo hujan biasanya anda akan menghadapi banyak genangan air hujan yang berada di tiap jalan. Hal tersebut sanggup mengakibatkan resiko kanvas kopling yang lengket, terutama kalau anda harus melintasi genangan air yang cukup dalam atau bahkan banjir. Kanvas kopling yang lengket akhirnya tentunya sanggup berbahaya. Gejalanya, pedal kopling terasa berat dan ketika mesin sudah dinyalakan, Anda tidak sanggup mengubah posisi gigi transmisi. Ini terjadi akhir perubahan bentuk plat kopling yang terendam air. Hal itu sanggup terjadi lantaran kanvasnya yang terbuat dari materi asbes, berpotensi mengembang dan mengeras sehabis terkena air, mengakibatkan plat kopling menempel pada plat penekan kopling dan flywheel di mesin. kopling tidak sanggup dibebaskan meskipun Anda sudah menekan pedal kopling. 
Berikut beberapa tips yang kami dapatkan untuk mengatasi kanvas kopling anda yang lengket. Cara yang pertama, hidupkan mesin dan injak pedal gas hingga RPM mengatakan angka 2000 hingga dengan 3000. Lalu mainkan pedal kopling dengan cara injak-lepas-injak-lepas beberapa kali dan sesekali sambil dicoba masukan gigi. Pada beberapa kasus, kopling lengket sanggup diatasi dengan memaksa mesin berputar pada posisi transmisi masuk dan pedal kopling ditekan. Teknisnya, ketika mesin masih mati tekan kopling, kemudian masukkan gigi transmisi. Cara ini biasanya disebut dengan mengocok kopling. Namun perlu berhati hati, lantaran cara ini akan menciptakan kendaraan beroda empat anda ibarat melompat. Karenanya sebaiknya lakukan di tanah yang lapang dan datar. Jika lengketnya kanvas pada fly wheel tidak terlalu berpengaruh biasanya dengan cara tersebut kesulitan mengoper gigi transmisi akan teratasi.
Namun bila kanvas benar-benar melekat,(ditandai dengan kendaraan beroda empat melompat dan mesin eksklusif mati)  maka lakukan cara kedua. Cara kedua yaitu dengan mendorong kendaraan beroda empat maju atau mundur dalam kondisi mesin mati dan posisi transmisi masuk ke gigi satu atau gigi mundur dan tekan pedal kopling. Ketika kendaraan beroda empat didorong kuat, lepaskan injakan pedal kopling. Ulangi cara ini beberapa kali. namun kalau cara tersebut masih juga tidak membuahkan hasil maka terpaksa harus membongkar kopling. Apabila kondisi kampas kopling masih tebal, plat kopling tersebut cukup dibersihkan saja (amplas). Tetapi kalau sudah tampak cacat (terkoyak atau sudah tipis) sebaiknya ganti kampas kopling dengan yang baru. Namun kalau anda tidak sanggup membongkar kopling sendiri, ada baiknya anda menelepon bengkel langganan anda untuk memperbaiki kanvas kopling anda.
Selain disebabkan oleh banjir, kopling lengket sanggup juga diakibatkan oleh plat kopling yang tersiram bocoran air dari sistem pendingin. Yang pasti, dampak air ke plat kopling ini biasanya akan mengakibatkan “kopling lengket” kalau sehabis terkena air kendaraan beroda empat tidak dipakai dalam beberapa hari.