By | Juli 15, 2019
Lintah Darat sama dengan Bank Konvensional sama dengan Riba Apa Bedanya Lintah Darat dan Bank Konvensional?
Apa bedanya Lintah Darat dengan Bank Konvensional dan yang sejenisnya, Lintah darat merupakan sebutan bagi seseorang yang mengambil laba dari meminjamkan uang kepada orang lain dengan meminta pengembalian uang pinjaman sebesar beberapa persen tergantung dari jumlah pinjaman uang selama kurun waktu tertentu, apabila tidak sanggup mengembalikan uang pinjaman sempurna waktu, maka akan didenda dengan besaran persentase yang sudah ditentukan, sehingga akan semakin besar pengembalian uang hingga 2 kali lipat dari uang pinjaman bahkan lebih.
Lintah darat atau rentenir ini biasanya ditujukan untuk perorangan. Kalau perorangan disebut lintah darat sedangkan yang terorganisir dengan baik menyerupai Bank Konvensional disebut apa? Bukankah sama fungsinya untuk meminjamkan uang kemudian meminta pengembalian uang pinjaman dalam jumlah yang lebih besar sesuai prosentase jumlah pinjaman? Apa bedanya?
Kalau meminjam uang dari seseorang kemudian diminta mengembalikan dengan jumlah yang lebih banyak dan ada embel-embel denda lagi apabila tidak melunasi sempurna waktu disebut Lintah Darat atau rentenir, kemudian apa sebutan Bank Konvensional yang apabila seseorang meminjam uang di Bank Konvensional tersebut juga harus mengembalikan uang yang dia pinjam dalam jumlah yang lebih banyak sesuai persentase dan juga dikenakan denda apabila tidak melunasi sempurna waktu?Apa sebutan nya?
Kalau untuk perorangan, seseorang sanggup disebut sebagai rentenir atau Lintah Darat yang merupakan sebutan yang sangat hina, kemudian apa sebutan untuk sebuah organisasi yang satu jenis dengan rentenir ini. Hanya saja rentenir atau lintah darat ini perorangan namun bank konvensional dan lainnya yang sejenis berbentuk organisasi, apa alasannya ialah berbentuk organisasi jadi tidak terasa bahwa tipe pinjam meminjamnya sama dengan seorang rentenir atau lintah darat, apa bedanya Rentenir atau Lintah Darat dengan Bank Konvensional atau Organisasi pinjam meminjam yang sejenis? Intinya tetap sama meminjamkan uang dan meminta pengembalian dengan jumlah yang lebih besar.
Terus kenapa apabila meminjam dengan seseorang kemudian diminta kembali dengan jumlah yang lebih besar merasa terbebani dan orang yang sudah mau meminjamkan uangnya dihina dengan sebutan Lintah Darat? Namun apabila meminjam dari Bank Konvensional dan sama-sama diminta kembali dalam jumlah besar kenapa tidak merasa terbebani dan tidak ada hinaan apapun untuk itu?Tanya kenapa?
Apa bedanya Lintah Darat dan Bank Konvensional dalam hal pinjam meminjam uang tunai?
Apa bedanya uang lebih dari Lintah Darat dengan Bunga atau uang Jasa dari Bank Konvensional?
Kenapa Lintah Darat diharamkan dimasyarakat sedangkan Bank Konvensional dan yang sejenisnya dirasa halal-halal saja?
“Tolong-menolonglah dalam kebaikan secara ikhlas”, 
“Keuntungan yang diperoleh dari berdagang dengan baik jauh lebih dan lebih terpuji  daripada mencari laba dengan cara riba dengan mengambil laba dari  seseorang yang sedang membutuhkan pemberian uang  Anda”.